Sistem Informasi Psikologi

Posted: September 29, 2012 in Uncategorized

Sistem Informasi Psikologi

Di era modern seperti saat ini, baik ilmu maupun pengetahuan semakin berkembang pesat. Sebagai “nenek moyang”-nya ilmu, Filsafat memiliki bagian penting dalam perkembangan berbagai ilmu juga pengetahuan, salah satunya adalah Sistem Informasi Psikologi. Untuk dapat mengetahui apa itu Sistem Informasi Psikologi, saya akan coba menjelaskan satu per-satu pengertian antara sistem, informasi, juga psikologi, yang telah saya rangkum dari beberapa artikel (yang juga nanti saya cantumkan sumbernya). Oke, dimulai dari sistem🙂

SISTEM

Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.

Elemen dalam sistem

Pada prinsipnya, setiap sistem selalu terdiri atas empat elemen:

  • Objek, yang dapat berupa bagian, elemen, ataupun variabel. Ia dapat benda fisik, abstrak, ataupun keduanya sekaligus; tergantung kepada sifat sistem tersebut.
  • Atribut, yang menentukan kualitas atau sifat kepemilikan sistem dan objeknya.
  • Hubungan internal, di antara objek-objek di dalamnya.
  • Lingkungan, tempat di mana sistem berada.

Jenis Sistem

Ada berbagai tipe sistem berdasarkan kategori:

  • Atas dasar keterbukaan:
    • sistem terbuka, dimana pihak luar dapat mempengaruhinya.
    • sistem tertutup.
  • Atas dasar komponen:
    • Sistem fisik, dengan komponen materi dan energi.
    • Sistem non-fisik atau konsep, berisikan ide-ide.

Sistem terdiri dari:
1. komponen-komponen dalam sistem tersebut, mencakup
– perangkat keras/hardware,
– perangkat lunak/software,
– prosedur-prosedur/procedure,
– perangkat manusia/brainware, dan
– informasi/information itu sendiri;
2.serta fungsi-fungsi teknologi di dalamnya yaitu:
– input,
– proses/process,
– output,
– penyimpanan/storage dan
– komunikasi/communication.

Syarat-syarat sistem :

1. Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan masalah.
2. Elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan.
3. Adanya hubungan diantara elemen sistem.
4. Unsur dasar dari proses (arus informasi, energi dan material) lebih penting dari pada elemen sistem.
5. Tujuan organisasi lebih penting dari pada tujuan elemen.

Selain itu, sistem memiliki klasifikasi, antara lain:

Sistem Abstrak dan Sistem Fisik
Sistem abstrak (abstract system) adalah sistem yang berisi gagasan atau konsep, misalnya sistem teologi yang berisi gagasan tentang hubungan manusia dan tuhan. Sedangkan sistem fisik (physical system) adalah sistem yang secara fisik dapat dilihat, misalnya sistem komputer, sistem sekolah, sistem akuntansi dan sistem transportasi.

Sistem Deterministik dan Sistem Probabilistik
Sistem deterministik (deterministic system) adalah suatu sistem yang operasinya dapat diprediksi secara tepat, misalnya sistem komputer. Sedangkan sistem probabilistik (probabilistic system) adalah sistem yang tak dapat diramal dengan pasti karena mengandung unsur probabilitas, misalnya sistem arisan dan sistem sediaan, kebutuhan rata-rata dan waktu untuk memulihkan jumlah sediaan dapat ditentukan tetapi nilai yang tepat sesaat tidak dapat ditentukan dengan pasti.

Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka
Sistem tertutup (closed system) adalah sistem yang tidak bertukar materi, informasi, atau energi dengan lingkungan, dengan kata lain sistem ini tidak berinteraksi dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan, misalnya reaksi kimia dalam tabung yang terisolasi. Sedangkan sistem terbuka (open system) adalah sistem yang berhubungan dengan lingkungan dan dipengaruhi oleh lingkungan, misalnya sistem perusahaan dagang.

Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia
Sistem Alamiah (natural system) adalah sistem yang terjadi karena alam, misalnya sistem tata surya. Sedangkan sistem buatan manusia (human made system) adalah sistem yang dibuat oleh manusia,misalnya sistem komputer.

Sistem Sederhana dan Sistem Kompleks
Berdasarkan tingkat kerumitannya, sistem dibedakan menjadi sistem sederhana (misalnya sepeda) dan sistem kompleks (misalnya otak manusia).

Sebagai penutup dari penjelasan sistem, saya akan coba cantumkan definisi dari Sistem Informasi yang saya dapat dari Wikipedia;

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Selanjutnya, saya akan merangkum penjelasan tentang informasi, yang (masih) saya dapatkan dari beberapa artikel yang terkait..🙂

INFORMASI

Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda. Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, Persepsi, Stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.

Informasi adalah data yang telah diberi makna melalui konteks. Sebagai contoh, dokumen berbentuk spreadsheet (semisal dari Microsoft Excel) seringkali digunakan untuk membuat informasi dari data yang ada di dalamnya. Laporan laba rugi dan neraca merupakan bentuk informasi, sementara angka-angka di dalamnya merupakan data yang telah diberi konteks sehingga menjadi punya makna dan manfaat.

TEST KEBUTUHAN INFORMASI
Terdapat 4 tes untuk menjelaskan sebuah pesan yang spesifik dalam informasi :
1. Kepada siapa (pembuat keputusan) informasi ditujukan ?

2. Untuk keputusan spesifik apa informasi ditujukan ?

3. Sejauh mana informasi dapat digunakan untuk mendeteksi dan memecahkan
masalah ?

4. Sejauh mana (kapan) tingkat pembuatan keputusan ?

Kualitas informasi;
Tergantung dari 3 hal, yaitu informasi harus :
• Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan masudnya.
• Tetap pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
• Relevan, berarti informasi tersebut menpunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.

Metode pengumpulan data / Informasi 
1.  Pengamatan langsung
2.  Wawancara
3.  Perkiraan koserponden
4.  Daftar pertanyaan

DETAIL KOMPONEN SISTEM INFORMASI

a. Blok Masukan (Input Block)
Meliputi, metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan
dimasukkan, dapat berupa dokumen-dokumen dasar.

b. Blok Model (Model Block)
Terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang
berfungsi memanipulasi data untuk keluaran tertentu.

c. Blok Keluaran (Output Block)
Berupa keluaran dokumen dan informasi yang berkualitas.

d. Blok Teknologi (Technology Block)
Untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data,
menghasilkan dan mengirimkan keluaran serta membantu pengendalian dari
sistem secara keseluruhan.

e. Blok Basis Data (Database Block)
Merupakan kumpulan data yang berhubungan satu dengan lainnya, tersimpan
di perangkat keras komputer dan perangkat lunak untuk memanipulasinya.

f. Blok Kendali (Controls Block)
Meliput masalah pengendalian yang berfungsi mencegah dan menangani
kesalahan/kegagalan sistem.

Informasi tidak terlepas dari komunikasi, karenanya, saya akan coba sedikit merangkum (lagi), tentang sejarah komunikasi yang saya dapat dari suatu artikel🙂

Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini. Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia.

PSIKOLOGI

Lalu, ada Psikologi (kalau ini sedikit familiar, karena saya kuliah di jurusan ini. Hehe. Saya masih bodoh, kok, jadi, kalau ada kesalahan, silahkan dikoreksi), yang masih saya rangkum juga dari beberapa artikel terkait. J

Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya. Menurut asalnya katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno: “ψυχή” (Psychē yang berarti jiwa) dan “-λογία” (-logia yang artinya ilmu) sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa.

Fungsi psikologi sebagai ilmu

Psikologi memiliki tiga fungsi sebagai ilmu yaitu:

  • Menjelaskan, yaitu mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasilnya penjelasan berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskriptif
  • Memprediksikan, Yaitu mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimasi
  • Pengendalian, Yaitu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi atau treatment serta rehabilitasi atau perawatan.

Psikologi juga memiliki beberapa aliran, diantaranya adalah:

Strukturalisme

Tokoh psikologi strukturalisme adalah Wilhelm Wundt.Yang mulai berkembang pada pertengahan abad ke-19 yaitu pada awal berdirinya psikologi sebagai suatu disiplin ilmu yang mandiri. Menurut Wundt dan pengikut-pengikutnya menyebutnya strukturalis karena mereka berpendapat bahwa pengalaman mental yang kompleks itu sebenarnya adalah “struktur” yang terdiri atas keadaan-keadaan mental yang sederhana, seperti halnya persenyawaan – persenyawaan kimiawi yang tersusun dari unsur-unsur kimiawi.

Aliran Fungsionalisme

Aliran ini disebut sebagai aliran fungsionalis karena aliran ini ingin mempelajari cara orang menggunakan pengalaman mentalnya untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitar. Paham ini tumbuh di Amerika Serikat dengan sifat-sifat bangsa Amerika yang serba praktis dan pragmatis. Tokoh aliran ini ialah William James, James R. Angell, dan John Dewey.

Aliran Psikoanalisis

Tokoh yang ada dalam aliran ini adalah Sigmund Freud. Dia adalah orang yang mengembangkan konsep motivasi dari alam ketidaksadaran dan mengarahkan fokus penelitiannya pada pengaruh pengalaman masa awal kehidupan atau masa anak terhadap perkembangan kepribadian selanjutnya sampai dewasa. Dia begitu yakin bahwa ketidaksadaran berpengaruh terhadap perilaku dan kepribadian seseorang, karena dengan adanya keinginan seorang pada masa anak-anak dilarang serta mendapatkan hukuman, keinginan tersebut akan dibuang dari kesadaran dan menjadi bagian bawah sadar, dan tetap berpengaruh pada perilaku atau tingkah laku orang tersebut.

Freud mengibaratkan alam sadar dan tak sadar itu dengan sebuah gunung es yang terapung, dimana bagian yang muncul ke permukaan air itu adalah alam sadar. Antara kesadaran dan ketidaksadaran, terdapat suatu perbatasan yang disebut “prakesadaran” (preconsciousness). Dan dorongan yang terdapat dalam alam prakesadaran ini sewaktu-waktu dapat muncul ke dalam kesadaran.

Aliran Psikologi Gestalt

Kata Gestalt berasal dari bahasa Jerman yang dalam bahasa Inggris nya berarti shape atau bentuk. Karena tidak ditemukan arti yang sesuai dengan arti dalam bahasa Jerman, maka kata gestalt tetap dipakai. Aliran ini didirikan oleh Max Wertheiner pada tahun 1912 yang kemudian dikembangkan oleh Kurt Koffka dan Wolfgang Kohler.

Aliran Behaviorisme

Aliran ini didirikan oleh John B. Watson pada tahun 1913 dan digerakkan oleh Burrhus Frederic Skinner.

Behaviorisme merupakan aliran yang revolusioner, kuat dan berpengaruh, serta memiliki akar sejarah yang cukup dalam. Ada beberapa pendekatan yang dipakai aliran ini dalam mempelajari manusia, yaitu pendekatan mekanistik dan materialistik. Pendekatan tersebut merupakan ciri utama dalam behaviorisme.

Salah satu kalimat yang menjadi inti dari aliran ini yaitu “Seluruh perilaku manusia, kecuali insting, adalah hasil belajar“. Dan satu lagi yaitu perilaku yang tampak saja yang dapat diukur, dilukiskan, dan diramalkan. Jika manusia berada pada lingkungan yang buruk akan menghasilkan manusia yang buruk, sedangkan lingkungan yang baik akan menghasilkan manusia yanng baik. Jadi, faktor lingkungan sangat berpengaruh pada tingkah laku seseorang, dan tanpa memperhatikan faktor bakat atau potensi alami yang ada dalam diri seseorang.

Aliran Humanistik

Aliran ini muncul sebagai bentuk “protes” dari aliran sebelumnya yang memandang manusia sebagai sesuatu yang negatif. Berbeda dari aliran sebelumnya, aliran humanistik lebih mendalami tentang sisi positif manusia. Entah itu perilaku ataupun pemikiran. Salah satu tokoh dari aliran ini adalah Carl Rogers.

Ada pula beberapa jenis Psikologi, antara lain:

1. Psikologi umum

2. Psikologi khusus

3. Psikologi perkembangan

4. Psikologi Abnormal

5. Psikologi Kriminal

6. Psikopatologi

7. Patologi social

8. Psikologi Kelompok

9. Psikologi watak dan type-type

10 Psikologi kelompok dalam situasi khusus

11. Parapsikologi

Beberapa  spesialisasi utama dalam Psikologi:

Psikologi Klinis

studi sebab-sebab dan treatment perilaku yang menyimpang.

Psikologi Konseling

membantu individu menghadapi masalah-masalah pribadi yang luas.

Psikologi Perkembangan

studi dalam perubahan perilaku dan proses kognitif melalui seluruh rentang kehidupan

Psikologi Pendidikan

studi tentang semua aspek dari proses pendidikan

Psikologi Eksperimen

terfokus pada proses-proses psikologi dasar seperti persepsi, belajar, dan motivasi.

Psikologi Kognitif

Suatu cabang dari psikologi eksperimen yang mempelajari semua proses mental.

Psikologi Industri dan Organisasi

studi perilaku dalam lingkungan kerja

Psikologi Kepribadian

terfokus pada perbedaan individu yang tetap

Psikologi Fisiologi

menyelidiki dasar biologis dari perilaku, khususnya struktur fungsi dari sistem syaraf pusat.

Psikologi Sosial

terfokus pada semua aspek dari perilaku antar pribadi.

PSIKOLOGI DAN PENERAPANNYA

Bidang-bidang profesi dan bidang kehidupan dimana psikologi diterapkan, diantaranya :
1. Pendidikan dan pengajaran
2. Bimbingan dan penyuluhan
3. Hubungan kemasyarakatan
4. Kepemimpinan
5. Kriminal

Penerapan psikologi dalam bidang kehidupan antara lain yaitu :

1) Penerapan psikologi dalam bidang pendidikan dan pengajaran
Penerapan psikologi dalam bidang pendidikan dianggap sebagai bidang profesi yang paling banyak dimanfaatkan. Program-program dalam sekolah yang memanfaatkan penelitian psikologi :
a. Pengajaran
b. Kurikulum
c. Disiplin dan peraturan
d. Human relationships

2) Penerapan psikologi dalam bidang bimbingan dan penyuluhan
Bimbingan dan penyuluhan adalah segala kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam rangka memberikan bantuan kepada orang lain yang mengalami kesulitan rohaniah dalam lingkup hidupnya. Sasaran bimbingan dan penyuluhan adalah pemberian kecerahan batin.

3) Penerapan psikologi dalam hubungan kemasyarakatan
Pendekatan psikologi diadakannya program pendidikan masyarakat, progaram pengajaran sambil bekerja, program pemberantasan buta aksara, dan seterusnya.

4) Penerapan psikologi dalam bidang kepemimpinan
Penetahuan tentang leadership dan management tak sedikit mempergunakan penemuan dalam psikologi, karena yang dihadapi adalah manusia yang mempunyai sifat tersendiri. Pendekatan psikologi dalam beberapa aspek kehidupannya antara lain :
• Bagaimana membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa
• Bagaimana memberi pengarahan untuk menuju suatu tujuan yang dicita-citakan.
• Bagaimana pencegahan dan penyembuhan kekacauan negara seperti pemberontakan, kriminal, dsb.

5) Penerapan psikologi dalam bidang kriminalitas
Hasil penyelidikan psikologi dunia kriminalitas membenarkan bahwa orang jahat tak dapat disembuhkan hanya dengan kekerasan dan siksaan, tetapi harus diganti dengan terapi mental. Dibenarkan dalam psikologi bahwa perawatan yang menerangkan prinsip-prinsip kesehatan mental dapat membuat penjahat menjadi sadar dan jera selama-lamanya.

Kritik Psikologi

Berdasarkan pengertian di atas kita diharuskan mengetahui perbedaan budaya kita dengan budaya pada saat psikologi muncul sebagai ilmu pengetahuan. Apakah kajian ilmu tersebut sesuai dengan kebudayaan kita ataukah ada berbedaan di dalamnya. Misalkan, ketika kita adalah suku pedalaman yang masih menggunakan cara berburu dalam kehidupan sehari-hari maka berburu bisa menjadi tolak ukur kecerdasan kita sebagai masyarakat pedalaman, bukan dilihat dari bagaimana kecerdasan itu diukur dari bisa dan tidaknya kita menghitung matematika, menjawab soal-soal ujian, menjawab serangkaian tes kecerdasan dan lain-lain. Kesesuaian teori psikologi dengan kebudayaan kita itulah yang benar-benar harus kita pahami, sehingga teori-teori tersebut adalah teori yang benar-benar relevan dengan kebudayaan dan diri kita sebagai manusia.

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

Sistem informasi psikologi adalah suatu bidang kajian ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara ilmu psikologi itu sendiri dalam kaitannya dengan penggunaan komputer dan aplikasinya dalam bidang psikologi. Salah satu contohnya yaitu penggunaa komputer dalam pembuatan software-software untuk bidang psikologi. Misalnya saja, di perusahaan sekarang ini banyak menggunakan software tentang alat tes agar waktu yang digunakan dalam menyeleksi calon karyawan baru lebih cepat dan efisien, serta tidak membuang tenaga para penyeleksinya juga. Selain itu, contoh lainnya adalah dalam penggunaan software dari microsoft office, dimana yang dahulunya kita harus memakai mesin ketik untuk membuat surat atau membuat tulisan kita agar lebih rapih, tapi sekarang berkat adanya computer dan system informasi maka pekerjaan kita untuk membuat surat atau tulisan yang lain lebih cepat dan bahkan lebih rapih. Contoh lain dalam bidang psikologi yaitu penggunaan laboratorium psikologi dimana didalamnya menggunakan prinsip ilmu komputer, contohnya saja laboratorium kognitif sains yang mungkin sebentar lagi akan hadir di kampus Gunadarma.

Hubungan Psikologi dengan Sistem Informasi, lebih terkait dengan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM/HRIS), merupakan sebuah bentuk interseksi atau pertemuan antara bidang ilmu manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi. Sistem ini menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam aktivitas-aktivitas MSDM seperti dalam hal perencanaan, dan menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan atau enterprise resource planning (ERP). Secara keseluruhan sistem ERP bertujuan mengintegrasikan informasi yang diperoleh dari aplikasi-aplikasi yang berbeda ke dalam satu system basis data yang bersifat universal. Keterkaitan dari modul kalkulasi finansial dan modul MSDM melalui satu basis data yang sama merupakan hal yang sangat penting yang membedakannya dengan bentuk aplikasi lain yang pernah dibuat sebelumnya, menjadikan aplikasi ini lebih fleksibel namun juga lebih kaku dengan aturan-aturannya.

Fungsi sumber daya manusia memiliki empat kegiatan utama:

• Perekrutan dan Penerimaan.( recruitment and hiring). SDM membantu menerima pegawai baru ke dalam perusahaan. SDM selalu mengikuti perkembangan terakhir dalam peraturan pemerintah yang mempengaruhi praktek kepegawaian dan menasehati manajemen untuk menentukan kebijakan yang sesuai.

• Pendidikan dan Pelatihan. Selama periode kepegawaian seseorang, SDM dapat mengatur berbagai program pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian kerja pegawai.

• Manajemen Data. SDM menyimpan database yang berhubungan dengan pegawai dan memproses data tersebut untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai.• Penghentian dan Administrasi Tunjangan. Selama seseorang diperkerjakan oleh perusahaan mereka menerima paket tunjangan. Setelah penghentian, SDM mengurus program pensiun perusahaan bagi mantan pegawai yang berhak.

DAMPAK SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI (SISTEM INFORMASI SDM)

Menurut Alisyahbana (1980), Teknologi telah dikenal oleh manusia sejak jutaan tahun yang lalu, karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Istilah teknologi berasal dari techne atau cara dan logos atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri merupakan cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
Perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap perubahan yang diciptakan berupaya untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan dalam melakukan aktifitas. Terlebih dalam bidang teknologi, masyarakat kini sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh perubahan yang telah dihasilkan dalam perkembangan teknologi. Akan tetapi, meskipun pada mulanya diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi masyarakat, namun di sisi lain juga dapat memungkinkan teknologi tersebut digunakan untuk hal-hal negatif.

Dampak Positif dan Negatif Sistem Informasi pada berbagai bidang :

1. Bidang Informasi dan Komunikasi

Positif :
a) Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet

b) Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone

c) Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain

Negatif :
a) Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)

b) Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu

c) Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.

d) Kecemasan teknologi. Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.

2. Bidang Sosial dan Budaya

Positif :
a) Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.

b) Meningkatnya rasa percaya diriKemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.

c) Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras

Negatif :
a) Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.

b) Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.

c) Pola interaksi antar manusia yang berubah Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.

3. Bidang Pendidikan

Positif :
a) Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.

b) Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.

c) Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain

Negatif :
a) Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.

b) Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.

Manfaat Sistem Informasi pada Psikologi yang lainnya adalah Brain Wave, berikut penjelasannya:

Berbicara tentang tekhnologi dan informasi yang dihubungkan dengan ilmu psikologi, telah banyak software pendukung untuk membantu mengoptimalkan kegiatan psikologis manusia. Salah satu contoh yang di ambil adalaha software “Brain Wave Generator”. Brain Wave Generator merupakan software yang dibuat untuk mengoptimalisasikan fungsi otak pada manusia dengan memanfaatkan gelombang suara sebagai media penyampaian yang diterima otak. Karena gelombang suara yang sangat mudah mempengaruhi otak manusia. Dengan memberikan gelombang suara yang tepat dapat memberikan stimulus positif bagi fungsi otak pada manusia.

Brain Wave (Gelombang Suara)

da 4 jenis gelombang otak yang mempunyai fungsi-fungsi yang berbeda dan dapat mempengaruhi kinerja otak secara langsung. 4 Jenis Brainwave tersebut adalah:

1. Alpha : Gelombang Brainwave Alpha mempengaruhi kinerja otak yang berhubungan dengan kreatifitas, relaksasi dan visualisasi.
2. Beta : Gelombang Brainwave Beta mempengaruhi kinerja otak yang berhubungan dengan konsentrasi.
3. Theta : Gelombang Brainwave Theta mempengaruhi kinerja otak yang berhubungan dengan self meditation, memori dan relaksasi yang mendalam.
4. Delta : Gelombang Brainwave Delta mempengaruhi kinerja otak yang berhubungan dengan penyembuhan internal pada tubuh (self healing), ketenangan dan kenyamanan.

Dari sini kita dapat melihat bahwa ada 4 gelombang suara yang dapat kita optimalisasikan pada otak manusia dengan software bantuan yaitu Brain Wave Generator.

Brain Wave Generator

Brainwave Generator menghasilkan ketukan Binaural yang dapat merubah frekuensi gelombang otak sesuai dengan keinginan, baik itu gelombang relaksasi atau untuk meningkatkan perhatian dam konsentrasi.

Fungsi stimulasi suara dan visual Brainwave Generator antara lain sebagai contoh :

  • Mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi yang membuat stres atau tugas menantang
  • Meningkatkan hasil belajar
  • Mengurangi masalah tidur dan sakit kepala
  • Dan lain-lain.

Cara Penggunaan Brain Wave Generator

Cara penggunaan software ini sangat mudah cukup menginstall program Brain Wave Generator yang sudah anda miliki pada komputer, kemudian jalankan program, pada program ada beberapa pilihan yang dapat dipilih sesuai dengan gelombang suara yang anda inginkan dan dengarkan gelombang suara yang dikeluarkan oleh program tersebut dengan menggunakan headphone agar gelombang suara yang dikeluarkan lebih optimal untuk didengar, sangat baik digunakan dengan keadaan meditasi tanpa melakukan kegiatan apapun.

Referensi:

Andelia, Dea. (2011). Kekurangan dan kelebihan sistem. http://deaandeliasip.blogspot.com/2011/02/kekurangan-dan-kelebihan-sistem.html (diakses 28 september 2012).

Anonim. (2011). Jenis psikologi dan macam ilmu psikologi. http://beritaartikelterbaru.blogspot.com/2011/01/jenis-psikologi-macam-ilmu-psikologi.html (diakses 28 september 2012).

Anonim. (2011). Macam-macam psikologi umum. http://desailmu.blogspot.com/2011/09/macam-macam-psikologi-umum-dan.html (diakses 28 september 2012).

Arie. (2010). Sistem. http://ariebrain.wordpress.com/2010/03/06/sistem/ (diakses 28 september 2012).

Budi. (2007). Apa itu informasi. http://www.blogster.com/nybudi/apa-itu-informasi (diakses 28 september 2012).

Habib, Zamris. (2008). Sejarah perkembangan teknologi komunikasi.  http://zamrishabib.wordpress.com/2008/11/13/sejarah-perkembangan-teknologi-komunikasi-bag-2/ (diakses 28 september 2012).

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/06/sistem-informasi-psikologi-brainwave/

Irene. (2011). Sistem informasi psikologi. http://irene-blogqw.blogspot.com/2011/04/sistem-informasi-psikologi.html (diakses 28 september 2012).

Keyk. Sistem informasi psikologi. http://keykhesweet.wordpress.com/sistem-informasi-psikologi/ (diakses 28 september 2012).

Mei Utami, Anggun. (2010). Aliran psikologi. http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/30/aliran-psikologi/ (diakses 28 september).

Niamz. (2012). Pengertian dan definisi system. http://www.niamz.com/2012/07/pengertian-dan-definisi-sistem.html (diakses 28 september 2012).

Ninda. (2011). Sistem informasi sumber daya manusia. http://ninda-psikologi.blogspot.com/2011/02/sistem-informasi-sumber-daya-manusia.html (diakses 28 september 2012).

Puspitawati, Ira. 1996. Seri Diktat Kuliah; Psikologi Umum 1. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Steffy. (2011). Kekurangan dan kelebihan sistem. http://steffysip.blogspot.com/2011/02/kekurangan-dan-kelebihan-sistem.html (diakses 28 september 2012).

Vitrie, Lia. (2010). Pengertian sistem. http://liavietri.blogspot.com/2010/02/pengertian-sistem.html (diakses 28 september 2012).

Wikipedia. (2012). Informasi. http://id.wikipedia.org/wiki/Informasi (diakses 28 september 2012).

Wikipedia. (2012). Psikologi. http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi (diakses 28 september 2012).

Wikipedia. (2012). Sistem informasi. http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi (diakses 28 september 2012).

Wikipedia. (2012). Sistem. http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem (diakses 28 september 2012).

Wikipedia. (2012). Teknologi informasi komunikasi. http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi (diakses 28 september 2012).

Willi. (2009). Pengertian informasi. http://willis.comze.com/pengertian_informasi.html (diakses 28 september 2012).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s