Psikoterapi

Posted: March 16, 2012 in Uncategorized

Nama: Seto Wicaksono
NPM: 11509204
Kelas: 3PA01
Tugas Softskill – Psikoterapi

PSIKOTERAPI
Psikoterapi berasal dari 2 kata, yaitu; Psyche yang berarti jiwa, dan Therapy yang berarti merawat, mengobati, atau menyembuhkan, itu berarti, Psikoterapi adalah serangkaian metode berdasarkan ilmu psikologi yang digunakan untuk mengobati dan menyembuhkan gangguan jiwa atau kesehatan mental seseorang. Yang mendasari psikoterapi adalah bahwa pada dasarnya manusia bisa dan mungkin dipengaruhi atau diubah dengan menggunakan beberapa metode yang ada pada psikologi.
Ciri-ciri dari defenisi mengenai psikoterapi ini, seperti penjelasan dibawah ini:
Interaksi Sistematis
Psikoterapi adalah suatu proses yang menggunakan suatu interaksi antara klien dan terapis. Interaksi dibuat secara sistematis oleh terapis, dan dilaksanakan sesuai dengan ilmu psikologi.
Prinsip-prinsip Psikologis
Psikoterapis menggunakan prinsip-prinsip penelitian, dan teori-teori psikologis serta menyusun interaksi teraupetik.
Tingkah Laku, Pikiran dan Perasaan
Pada terapi ini, terapis mencoba memusatkan treatment atau perlakuan pada konatif, kognitif, juga afektif, demi mendapatkan suatu hasil atau hal yang lebih baik dari sebelumnya, bahkan kesembuhan bagi klien.
Tingkah Laku Abnormal, Memecahkan Masalah, dan Pertumbuhan Pribadi
Sekurang-kurangnya ada tiga kelompok klien yang dibantu oleh psikoterapi. Kelompok pertama adalah orang-orang yang mengalami masalah-masalah tingkah laku yang abnormal, seperti gangguan suasana hati, gangguan penyesuaian diri, gangguan kecemasan atau skizofrenia. Untuk beberapa gangguan ini, terutama gangguan bipolar dan skizofrenia, terapi biologis umumnya memegang peranan utama dalam perawatan. Meskipun demikian, selain perawatan biologis, psikoterapi membantu pasien belajar tentang dirinya sendiri dan memperoleh keterampilan-keterampilan yang akan memudahkannya menanggulangi tantangan hidup dengan lebih baik. Kelompok kedua adalah orang-orang yang meminta bantuan untuk menangani hubungan-hubungan yang bermasalah atau menangani masalah-masalah pribadi yang tidak cukup berat dianggap abnormal, seperti perasaan malu atau bingung mengenai pilihan-pilihan karir. Kelompok ketiga adalah orang-orang yang mencari psikoterapi karena psikoterapi dianggap sebagai sarana untuk memperoleh petumbuhan pribadi. Bagi mereka, psikoterapi adalah sarana untuk penemuan diri dan peningkatan kesadaran yang akan membantu mereka untuk mencapai potensi yang penuh sebagai manusia.
Psikoterapi juga memiliki ciri-ciri yang lain. Psikoterapi membutuhkan interaksi-interaksi verbal. Bagaimanapun juga, psikoterapi adalah “terapi-terapi bicara”— bentuk-bentuk interaksi antara klien yang melibatkan pembicaraan. Dalam interaksi-interaksi itu, terapis yang terampil adalah seorang pendengar yang penuh perhatian. Mendengar dengan penuh perhatian adalah suatu kegiatan yang aktif bukan pasif. Terapis mendengar dengan teliti apa yang dialami dan diusahakan oleh pasien untuk disampaikan oleh psikoterapis. Psikoterapi-psikoterapi juga melibatkan kemonukasi-komunikasi nonverbal. Seorang terapis yang terampil, seperti orang pewawancara yang terampil, seharusnya peka terhadap isyarat-isyarat nonverbal dari pasien dan peka terhadap gerak isyarat yang mungkin menunjukkan perasaan-perasaan atau konflik-konflik yang mendasar. Terapis juga harus menyampaikan empati melalui kata-kata dan juga gerak isyarat nonverbal, seperti mengadakan kontak mata dan bersandar kedepan (kursi) untuk menunjukkan perhatian terhadap apa yang dikatakan klien.
Tujuan terapi (Korchin) :
1. memperkuat motivasi klien untuk melakukan hal yang benar
2. mengurangi tekanan emosional
3. mengembangkan potensi klien
4. mengubah kebiasaan
5. memodifikasi struktur kognisi
6. memperoleh pengetahuan tentang diri
7. mengembangkan kemampuan berkomunikasi & hubungan interpersonal
8. meningkatkan kemampuan mengambil keputusan
9. mengubah kondisi fisik
10. mengubah kesadaran diri
11. mengubah lingkungan sosial
Suatu terapi bisa dikatakan efektif jika:
1. Adanya pemulihan dalam hubungan interpersonal
2. Adanya kemampuan coping yang baik
3. Pertumbuhan personal ke arah yang lebih baik
Keterampilan yang harus dimiliki terapis, antara lain:
1. Memahami dasar ilmu psikologi
2. Dapat menarik suatu kesimpulan yang relevan dengan keadaan pasien
3. Berpengalaman dan menguasai psikoterapi
4. Kepribadian yang baik dan positif, memiliki rasa empati yang baik.
Psikoterapi terbagi atas beberapa jenis, diantaranya adalah:
1. Psikoterapi Suportif
Tujuannya adalah untuk mendukung fungsi ego yang ada pada diri klien, memperluas mekanisme pengendalian yang dimiliki agar menjadi lebih baik, perbaikan ke suatu keadaan yang lebih adaptif.
2. Psikoterapi Re-edukatif
Mengubah kebiasaan tertentu yang kurang baik, dengan membentuk kebiasaan baru yang lebih baik dan menguntungkan bagi klien. Cara yang ditempuh diantaranya adalah dengan melakukan psikodrama, terapi kelompok, terapi keluarga
3. Psikoterapi Re-konstruktif
Pada psikoterapi re-konstruktif, metode yang digunakan adalah psikoanalisis, untuk mengetahui berbagai konflik yang tidak disadari pada diri klien.
Dulu, psikoterapi lebih dikenal sebagai usaha untuk mengobati atau menyembuhkan orang yang abnormal atau memiliki gangguan psikologis. Seiring berkembangnya zaman, pemahaman itu bergeser. Saat ini, orang normal pun bisa melakukan psikoterapi, untuk mengetahui dan menggali bakat atau kemampuan apa yang dimiliki oleh klien. Psikoterapi berbeda dengan konseling. Sederhananya adalah, konseling lebih mengarah kepada awal masalah atau membicarakan mengapa suatu masalah dapat terjadi, juga bagaimana pencegahannya, sedangkan psikoterapi, memiliki orientasi penyesuaian dan penyembuhan pada klien.

Sumber referensi:
http://www.psychologymania.com/2011/10/pengertian-psikoterapi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Psikoterapi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s